Kunjungan Studi Banding dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ke Universitas Diponegoro

Home / Uncategorized / Kunjungan Studi Banding dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ke Universitas Diponegoro

Bahasa dan Kebudayaan Jepang mendapat kunjungan Studi banding dari Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada Jumat, 5 April 2019, bertempat di Gedung Serba Guna Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Semarang.

Apa saja sih rangkaian acaranya min? 

Acara kegiatan kunjungan ini dibuka dengan pembacaaan Ayat suci Al-Quran yang dibacakan oleh Armi, perwakilan dari BKJ Undip, lalu menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan dari Kaprodi BKJ Undip, sambutan dari Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UMY, sambutan dari Wakil Dekan Bidang Komunikasi dan Bisnis, forum diskusi antar dosen, forum diskusi antar mahasiswa, campus tour, hiburan, penyerahan cendera mata, penutup dan diakhiri dengan sesi foto bersama.

Pukul 09.15 WIB diadakan Forum diskusi mahasiswa untuk saling bertukar informasi mengenai Akademik, Kurikulum, Kemahasiswaan, Sarana dan Prasarana, dan Kegiatan Belajar Mengajar Mahasiswa. Forum diskusi antar mahasiswa ini terdiri dari beberapa kelompok yang didalamnya terdapat partner dari BKJ sekitar  3-4 orang dan 8-10 orang dari Prodi Bahasa Jepang UMY. Forum diskusi mahasiswa tersebut baik dari Mahasiswa Prodi Bahasa Jepang UMY maupun Mahasiswa BKJ Undip sangat antusias untuk saling menyampaikan informasi yang akan didiskusikan pada saat itu.

Kemudian setelah itu tepat pukul 10.15 WIB dilanjutkan dengan rangkaian acara selanjutnya yaitu Campus tour, yakni dimana setiap kelompok bersama-sama untuk mengunjungi sekaligus mengenalkan fasilitas yang terdapat di dalam FIB meliputi Gedung A, Gedung B, Gedung C, Gedung D, Mushola, dll. Rangkaian acara selanjutnya sekitar pukul 10.50 WIB, semua mahasiswa kembali lagi ke Gedung Serba Guna untuk menyaksikan hiburan dari BKJ Undip menampilkan tarian dari Harukaze Odori Undip, dilanjutkan dengan hiburan dari UMY yaitu menampilkan tarian dari PBJ UMY.

Di penghujung acara, pukul 10.55 WIB, tiba saatnya untuk penyerahan cendera mata dari Prodi Bahasa Jepang UMY kepada BKJ Undip, lalu diakhiri dengan penutupan dan tidak lupa untuk  foto bersama di crop circle Fakultas Ilmu Budaya. Rangkaian yang terakhir adalah sholat jumat berjamaah di Gedung Serba Guna Fakultas Ilmu Budaya. 

 Masih penasaran bagaimana keseruan kunjungan UMY ke Undip? Yuk, mampir ke kanal Youtube Himawari_Undip!

Semoga dengan adanya Studi banding ini bisa menjalin tali silaturahmi dengan baik antara BKJ maupun UMY dan semoga BKJ bisa berkesempatan untuk mengunjungi UMY. Yeay.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *