Himawari no Tanjoubi 2017

Hai minasan!

Ogenkidesuka?

Hari ini mimin mau nyeritain acara yang baru diadakan pertama kali di tahun lalu? Himawariors pasti pada tau dong. Yup,bener banget Himawari no Tanjoubi atau yang disingkat HINOTA.

Seperti namanya, acara ini diadakan untuk memperingati ulang tahun Himawari yang ke-6. Masih muda ya Himawari guys…

Acara yang baru diadakan untuk kedua kalinya memiliki konsep yang berbeda dari tahun lalu loh guys.

Tahun ini seperti apa sih??

Jadi HINOTA tahun ini kali ini berisi rangkaian acara yang terdiri dari Kelas Budaya Membatik di tanggal 25 Maret, Kelas Budaya Tari Tradisional di tanggal 27,dan terakhir ada Kelas Shoudou di tanggal 30.

Yang pertama adalah Kelas Budaya Membatik bersama ibu Elizabeth Algonda Repie, pemilik Elly Batik. Acara dimulai di jam 10.00 diawali dengan kata sambutan dari Kaichou Himawari kita, Levy Morris. Lalu dilanjutkan dengan kata sambutan singkat dari Ibu Elizabeth dan penjelasan bagaimana membuat batik tanpa butuh waktu yang lama.

Membuat batik ternyata gampang-gampang susah lho guys. Diawali dengan membuat sketsa gambar di kain. Ibu elizabeth menyediakan sketsa  awal yang bisa dicontoh. Ada bunga,kupu-kupu,matahari dan banyak yang lainnya. Ditahap ini masih gampang guys karena hanya meniru gambar yang disediakan. Ditahap selanjutnya adalah bagian tersulitnya guys.

Yap,tahap mencanting. Setelah gambar yang kita inginkan sudah tergambar di kain,selanjutnya adalah mempertebal sketsanya. Mencanting itu tidak gampang guys.harus teliti dalam melakukannya.  Karena jika malamnya kurang panas,hasilnya akan kurang bagus dan juga jika terlalu malamnya terlalu panas bisa membakarnya telapak tangan kita.

Setelah mencanting adalah proses pewarnaan. Setelah kain dicanting , kain akan direbus dalam larutan pewarna selama 1 jam . ibu Elizabeth dibantu Nadhifa (kabid saya hehe) sangat bersemangat mengaduk-aduk kain didalam panci panas.

Diakhir adalah  proses penjemuran. Kain-kain yang sudah diberi warna selanjutnya dijemur di dekat joglo besar FIB. Sambil menunggu kainnya kering kita bermain shirtori dan domikado bersama shiona-san. Ternyata suara shiona-san bagus lho guys.

Setelah batiknya sudah kering,acara diakhiri dengan sesi foto.

Serukan guyss,itu masih acara pertama lagi…

 

Di tanggal 27 adalah Kelas Tari yang diadakan di Pleburan.

Acara dimulai dari kata sambutan dari Kaichou kita dan perwaklian dari Kesenian Jawa.

Lalu para peserta dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok tari tradisional dan kelompok.

Asik asik sulit lho guyss belajar tarian tradisional. Meskipun terlihat gampang kelihatannya,setelah dipraketekkin ternyata sulit juga guys. Shiona-san juga terlihat kesusahan belajar menari tarian tradisional . btw,kita belajar menari tarian jawa tradisional ini langsung dari ahlinya.

Setelah istirahat selama 1 jam, kelas dilanjutkan kelompok menari gantian belajar musik tradisional Jawa salah satunya adalah Gamelan. Shiona-san ternyata ahli bermain alat musik loh guys. Teutama permainan piano Shiona-san bagus banget guys.

 

Setelah lelah bermain musik dan menari semalaman ini,acara ditutup dengan foto-foto bersama.

Asik banget kan guys

Masih ada satu lagi lho

 

Di hari terakhir, ada kelas shodou atau kaligrafi Jepang dibimbing langsung oleh Shiona-san. Kelas shodou ini ternyata disambut baik oleh teman-teman satu jurusan Jepang kita ini. Terbukti dengan para peserta dari berbagai angkatan,mulai dari angkatan baru 2016,sampai angkatan tua 2013 menghadiri acara ini.

Dimulai seperti biasa dengan sambutan oleh Kaichou kita. Lalu dilanjutkan dengan pejelasan apa itu shodou oleh Shiona-san dibantu Yoga-senpai.

Setelah itu Shiona-san mencontohkan  bagaimana membuat shodou. Hasilnya sangat bagus lho guys. Sasuga nihon jin….

Sebelum mulai menggambar di kertas kaligrafi,para peserta melatih menggambarnya di kertas koran. Ada yang menggambar kanji yang susah-susah ada juga yang menulis yang simpel.

Setelah puas mencoret-coret di kertas koran,saatnya untuk menulis langsung di kertas untuk kaligrafinya. Ternyata hasil buatan para peserta bagus-bagus loh guys.

Setelah itu sebagai penutup para peserta membawa hasil karyanya untuk dipoto bersama.

Gimana HINOTA tahun ini guys??

Pasti seru dong..

Segitu aja ya mimin kali ini,sampai jumpa di acara Himawari selanjutnya..!!

Bai Bai

 

No Comments

Post a Comment