Press Release Kanji Cup 2019

Home / Uncategorized / Press Release Kanji Cup 2019

[PRESS RELEASE KANJI CUP 2019]

Halo Minasan!! Ogenki desuka? Masih ingat gak nih, kalau BKJ meraih juara 1 dan 2 Kanji cup? Lebih jelasnya yuk kita ulas kembali!
Kali ini mimin mau membahas program kerja yang ada di HimawariSATU nih! Pengurus baru pastinya semangat mudanya juga baru dong yaa! Mau tahu apa aja? Yukkk simakk!
Eittssss, tapi sebelum kita membahas proker dari HimawariSATU, ada kabar baik untuk kita semua nihh! yukk langsung simakk aja!
Jadi kemarin Perwakilan dari Bahasa dan Kebudayaan Jepang mengikuti lomba Kanji Cup di Universitas Negeri Surabaya loh!

Kanji Cup itu kompetisi kemampuan huruf kanji. Acara kanji cup diadakan satu tahun satu kali.
Kanji Cup diselenggarakan oleh I’Mc (Internasional Multicultural Center) Surabaya, bekerjasama dengan Konjen (Konsultan Jendral) Jepang di Surabaya, PERSADA (Perhimpunan Alumni dari Jepang), Nihongo Partners dan Japan Foundation.

Kegiatan Kanji Cup ini dilaksanakan pada tanggal 2 Maret 2019. Lomba ini diadakan di Universitas Negeri Surabaya.
Lomba Kanji Cup dibagi menjadi 2 tingkat yaitu, Lomba tingkat Shokyuu dan Lomba tingkat Chuukyuu.
Peserta lomba tingkat Shokyuu terdiri dari Anggun Nur Isnaeni Maulidiah (2017), Fannyza Milenia (2017), Wachyu Nur Fauzi (2017), Alvin Fadhila (2018), Rifqi Prasetya Putra Pratama (2018), Ihsana Safira (2018), Rakhma Nur Azzahrani (2018), dan Mochamad Yusuf Noviandi (2018). Sedangkan peserta lomba tingkat Chukyuu terdiri dari Muh. Agri Sandi Satyarso (2016), Farhan Prasetiyo (2017), Florian Wina Pranatama (2017) dan Jihan Bagus Ramadhan (2017).
Peserta Kanji Cup tiba di Universitas Surabaya pukul 08.00 WIB. Sebelum lomba, peserta terlebih dahulu melakukan daftar ulang dan mengkonfirmasi tingkatan lomba Kanji Cup yang akan diikutinya.

Acara dibuka oleh Ketua Prodi dari UNESA dilanjutkan oleh Kosnsul Muda yang bernama Keigo Kashiwabara. Lomba Shokyuu dimulai pada pukul 09.30 WIB, tahap pertama adalah penyisihan dengan soal Yomikata menggunakan bendera dengan 2 jenis warna yang melambangkan benar dan salah menyisihkan 6 orang yang lanjut dari S1 Bahasa dan Kebudayaan Jepang Angkatan 2017 & 2018.

Selanjutnya babak semifinal dengan menggunakan 4 jenis bendera (A,B,C,D) dengan menyisahkan 2 Peserta dari S1 Bahasa dan Kebudayaan Jepang Angkatan 2018. Setelah itu adalah Babak Final Soal bertipe Kakikata saja. Di babak final, dari sisa peserta Semifinal diambil 4 diantaranya. Dari BKJ 18 tersisa 2 peserta, Universitas Airlangga 1 orang, dan dari UNNES tersisa 1 peserta. BKJ berhasil memenangkan juara 1 dan juara 2 tingkat shokyuu, yaitu Ihsana Safira dan Rifqi Prasetya dari BKJ 2018.

Lomba selanjutnya adalah lomba tingkat chuukyuu yang dibagi 2 tim yaitu, dari tim 1 ada Jihan Bagus BKJ 2017 dengan Florian Wina Pratama BKJ 2017 dan tim 2 ada Farhan Prasetiyo dari BKJ 2017 dan Muhammad Agrisandy Satyarso dari BKJ 2016. Dimulai dari babak penyisihan yaitu kakikata yang menyisihkan 2 peserta yaitu Farhan Prasetiyo dari BKJ 2017 dan Muhammad Agrisandy Satyarso dari BKJ 2016. Setelah itu babak semi final yaitu kakikata dan kumiai. Tetapi, perwakilan chukyuu dari BKJ gagal pada tahap semi final. Pada akhirnya BKJ UNDIP berhasil membawa 2 piala tingkat Shokyuu.

Semoga Kanji Cup tahun depan Bahasa dan Kebudayaan Jepang dapat meraih juara lagi! yeeeyy!

HMPS Bahasa dan Kebudayaan Jepang
Universitas Diponegoro
2019
#HimawariSATU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *