Mangrov-ication 2018

Home / Uncategorized / Mangrov-ication 2018

Hai Himawarriors, kali ini mimin akan bahas kegiatan mangrove yang dilaksanakan pada bulan September kemarin. Penanaman mangrove adalah kegiatan bidang Pengabdian Masyarakat (pengmas) Himawari yang bertujuan untuk melestarikan lingkungan pantai dan mengetahui manfaat pohon magrove. Tema mangrove pada tahun ini adalah “Satu Bibit, Sejuta Manfaat”
Mangrovication tahun ini?

Acara mangrove dimulai pukul 06.30 pagi, peserta berkumpul di GSG Undip untuk diberi arahan terlebih dahulu saat sudah sampai di lokasi. Kemudian pukul 07.00 pagi peserta berangkat kepantai Tirang menggunakan angkutan umum yang telah disiapkan. Untuk sampai ke lokasi membutuhkan waktu sekitar 30/45 menit.

Setibanya di lokasi peserta diarahkan untuk berkumpul di depan rumah Pak Sururi. Disana peserta bersiap-siap untuk menanam mangrove, karena lokasi pantainya lumayan jauh, sebelum berangkat ke lokasi penanaman kita makan snack dulu. Setelah itu, kita melakukan perjalanan ke lokasi penanaman mangrove. Untuk menuju ke lokasi tersebut kita harus berjalan kaki, kuranglebih membutuhkan waktu 45 menit untuk sampai kelokasi tersebut.

Setelah sampai di Pantai Tirang, Pak Sururi menjelaskan cara penanaman mangrove, akhirnya kami menanam mangrove bersama pak Sururi dan teman-temannya. Tak terasa sudah hampir 2 jam kami menanam sekitar 1000 bibit. Sehabis menanam kami bermain sebentar di Pantai Tirang lalu setelah itu kami pulang ke rumah pak Sururi. Lalu di sana pak Sururi menjelaskan pemanfaatan dan hasil pengolahan buah mangrove. Kita juga di berikan hasil dari dari buah mangrove.
Tak terasa juga acara mangrove haampir selesai, saat di akhir acara pak Sururi juga memberikan salam penutup untuk acara mangrove, dan juga menjelaskan betapa pentingnya tumbuhan mangrove bagi kehidupan alam. Kami sangat berterima kasih sekali untuk Pak Sururi dan teman-temannya yang sudah membantu kami dalam penanaman mangrove ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *